FAQ Lendana

QuestionAnswer
  Apa itu Lendana        Lendana merupakan aplikasi Financing Agent berbasis web dan mobile apps yang membantu pengguna untuk mendapatkan akses pembiayaan dari lembaga keuangan seperti Bank, Multi Finance ataupun Peer_to_Peer Lending (P2P Lending)
Apa itu Financing Agent ?Financing Agent merupakan salah satu cluster di Direktorat Inovasi Keuangan Digital Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membantu Lembaga Keuangan (Bank, Multi Finance, P2P dll) dalam mencari calon peminjam, membantu verifikasi awal dan memproses pengajuan pinjaman secara online yang datanya akan dikirimkan ke Lembaga Keuangan.
Apa Lendana itu LegalLendana telah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  No. S-27/3/MS.72/2019 sebagai platform Financing Agent sesuai POJK no 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital (IKD)  
Siapa yang bisa mengajukan pinjaman melalui Lendana ?  Siapa saja warga negara Indonesia yang telah berusia 21 tahun, memiliki eletronik Kartu Tanda Penduduk (eKTP) yang telah terdaftar di Sisnaker sebagai Calon Pekerja Migran Indonesia (PMI), atau memiliki profesi sebagai Petani dan nelayan atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah.  
Bagaimana cara mengajukan pinjaman ke Lembaga Keuangan melalui Lendana?Semua yang ingin mengajukann pinjaman ke Lembaga Keuangan melalui Lendana mesti melakukan :
– Daftar menjadi pengguna Lendana Mengisi data-data sesuai form yang tersedia (saat ini masih B2B) sehingga pendaftaran melalui dashboard yang disiapkan melalui Mitra Lendana.
– Memilih sector usaha
– Memilih produk pinjaman dari Lembaga Keuangan yang telah bekerjasama
– Melengkapi data-data tambahan sesuai kebutuhan Lembaga Keuangan

Apabila data sudah lengkap, Lendana akan segera kirim ke Lembaga Keuangan agar bisa diproses lebih lanjutApabila disetujui dan telah dicairkan ke rekening peminjam secara langsung  
Apakah bisa mengajukan pinjaman bersamaan ke Lembaga Keuangan berbeda ?Pengguna tidak diperkenankan mengajukan pinjaman lebih dari satu Lembaga Keuangan, tetapi bila telah lunas atau ditolak bisa mengajukan pinjaman ke Lembaga Keuangan berbeda.  
Berapa lama proses pengajuan pinjaman disetujui ?Persetujuan atas  pengajuan pinjaman sangat tergantung dari kebijakan Lembaga keuangan sebagai lembaga pemberi pinjaman dan sector usaha calon peminjam.
Bagaimana suku bunga pinjaman di Lendana ?Besarnya bunga pinjaman di Lendana sesuai dengan kebijakan bunga yang ditetapkan oleh Lembaga Keuangan tanpa ada penambahan. Lendana tidak memungut biaya atau bunga tambahan dari calon peminjam yang mengajukan pinjaman melalui platform Lendana.  
Bagaimana cara pembayaran kembali pijaman ?Untuk skema pembayaran kembali pinjaman (repayment) ada beberapa pilihan diantaranya dicicil mingguan, bulanan bahkan untuk petani bisa dibayar lunas setelah panen. .  
Berapa lama tenor pinjaman yang tersedia di LendanaLamanya jangka waktu pinjaman tergantung kebijakan Lembaga Keuangan, biasanya untuk jenis pinjaman :
– Pekerja Migran antara         :  6 – 18 bulan
– Pedagang pasar & UMKM   : 12 – 24 bulan
– Petani & Nelayan.                : Bayar setelah panen  
Apakah pengajuan pinjaman secara online melalui Lendana aman ?Mengajukan pinjaman secara online di Lendana dijamin aman karena Lendana telah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diberi kewenangan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk mengatur dan mengawasi semua lembaga jasa keuangan yang beroperasi di Indonesia, sehingga memberikan rasa aman untuk semua pihak yang terlibat dalam proses agen pembiayaan.  
Apakah data pribadi saya tersimpan di Lendana dengan aman ?Informasi pribadi Anda akan kami simpan secara aman, dilindungi oleh fitur keamanan online terbaik sesuai dengan yang ada di Privacy Policy kami. Lendana memiliki sistem proteksi fisik, elektronik, dan manajerial yang baik untuk menghindari akses yang tidak sah atau penggunaan yang tidak sesuai terhadap informasi pelanggan atau pengguna. Lendana tidak akan memberikan informasi pelanggan kepada pihak ketiga tanpa izin, dan tidak akan menghubungi Anda untuk menanyakan data pribadi selain untuk kelengkapan verifikasi. Lendana juga mempersilahkan pelanggan apabila ingin melakukan perubahan bahkan penghapusan data yang tersimpan di Lendana.  
Bagaimana cara menyampaikan keluhan pelanggan?Keluhan pelanggan dapat disampaikan melalui Telp : 081381111135 atau melalui email di lendana.pmi@gmail.com  
Bagaimana cara daftar Lendana?Untuk pengguna baru dapat download aplikasi lendana dari google playstore (on development) atau melalui web lendana